Inggris Gelar Pesta Besar-besaran 4 Hari, Rayakan 70 Tahun Bertakhta Ratu Elizabeth II

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 30 Mei 2022 - 09:49:00 WIB
Inggris Gelar Pesta Besar-besaran 4 Hari, Rayakan 70 Tahun Bertakhta Ratu Elizabeth II
Pemimpin Inggris, Ratu Elizabeth II. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.idInggris akan merayakan 70 tahun bertakhtanya Ratu Elizabeth II di negara itu dalam pekan ini. Perayaan tersebut bakal berlangsung selama empat hari.

Berbagai acara atau kegiatan pun telah disiapkan, mulai dari parade militer, kebaktian gereja, hingga pesta jalanan dan konser musik di luar Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth, yang saat ini berusia 96 tahun, sudah tujuh dasawarsa menempati takhta Kerajaan Inggris, tepat pada 6 Februari lalu. Dia pun menjadi pemimpin terlama berkuasa di Inggris.

Perayaan akan digelar dari 2-5 Juni. Pemerintah pun telah menyisihkan dua hari libur tambahan, yakni pada Kamis dan Jumat (2-3/6/2022) untuk menjadikan akhir pekan yang panjang bagi rakyat Inggris.

Reuters melansir, masih belum jelas berapa banyak dari acara perayaan tersebut bakal dihadiri sang ratu. Para pejabat kerajaan mengatakan, kehadiran pemimpin perempuan itu akan diputuskan pada masing-masing hari.

Perdana Menteri Boris Johnsosn telah memberikan penghormatan kepada Ratu “Elizabeth Yang Agung” di Parlemen Inggris minggu lalu. Dalam kesempatan itu, Johnson mengatakan, darmabakti sang ratu untuk tugas-tugas kenegaraan tiada bandingannya.

“Saya berharap bahwa dalam beberapa hari mendatang kita dapat menunjukkan dengan setiap (acara) api unggun, dengan setiap konser, pesta jalanan, dan pertunjukan aerobatik, cinta dan pengabdian,” kata Johnson kala itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda