AS Klaim Siap Kirim Vaksin Covid Secara Massal dalam Waktu Singkat

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 17:31:00 WIB
AS Klaim Siap Kirim Vaksin Covid Secara Massal dalam Waktu Singkat
Vaksin buatan Pfizer (ilustrasi). (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, iNews.id – Departemen Perhubungan AS menyatakan telah membuat persiapan untuk memungkinkan pengiriman vaksin Covid secara massal dalam waktu singkat. Institusi itu juga mengklaim telah menyelesaikan semua tindakan regulasi yang diperlukan untuk itu.

Departemen Perhubungan AS mengungkapkan, badan-badan Amerika Serikat telah berkoordinasi dengan perusahaan sektor swasta yang akan mengangkut vaksin corona dari fasilitas manufaktur (pabrik) ke pusat distribusi, hingga ke titik inokulasi (tempat pelaksanaan vaksinasi). Lembaga itu menambahkan, mereka telah menetapkan persyaratan keselamatan yang sesuai untuk semua potensi bahaya yang terlibat dalam pengiriman vaksin.

“Termasuk standar untuk es kering dan baterai litium yang digunakan dalam pendinginan (selama pengiriman vaksin),” ungkap departemen tersebut, dikutip Reuters, Rabu (2/12/2020) WIB.

Departemen Perhubungan AS sedang mempersiapkan semua perangkat yang diperlukan untuk memastikan pengiriman dosis vaksin untuk sekitar 40 juta penduduk AS hingga Januari (sekitar 20 juta per bulan) terlaksana sesuai rencana.

“Kami telah meletakkan dasar untuk pengangkutan vaksin Covid-19 yang aman dan dengan bangga mendukung upaya bersejarah ini,” kata Menteri Perhubungan AS, Elaine Chao.

Para petugas kesehatan dan kelompok masyarakat lain yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin pertama kali bisa segera disuntik dalam waktu 24 jam setelah vaksin menerima otorisasi dari pihak berwenang.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2