Ini Lokasi Pertama yang Dikunjungi Pangeran William-Kate Middleton di Pakistan

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 15 Oktober 2019 - 15:28 WIB
Ini Lokasi Pertama yang Dikunjungi Pangeran William-Kate Middleton di Pakistan

Pangeran William dan Kate tiba di sekolah di Islamabad. (FOTO: CHRIS JACKSON)

ISLAMABAD, iNews.id - Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton, menunjukkan dukungan bagi pendidikan perempuan di Pakistan dengan mengunjungi sekolah perempuan, Selasa (15/10/2019). Sekolah khusus itu menjadi tempat pemberhentian pertama dalam tur perdana mereka di negara sangat patriarki tersebut.

Pasangan Kerajaan Inggris itu mengenakan pakaian bernuanas biru saat kunjungan ke sekolah di ibu kota Islamabad. Kate yang bergelar Duchess of Cambridge mengenakan syal panjang, atau dupatta, di atas bahunya serta pakaian terusan atau shalwar kameez biru berwarna biru.

shalwar kameez merupakan pakian lengan panjang tradisional khas Pakistan, yang harus dikenakan dengan dengan celana panjang.

William, Sang Duke, memilih pakaian ala Barat. Dia terlihat santai dengan mengenalan kemeja tipis tanpa dasi.

BACA JUGA: Pangeran William dan Kate Akan Kunjungi Pakistan

Mereka mampir di kelas matematika; di mana gambar televisi menunjukkan keduanya duduk bersama beberapa siswa muda, yang seragam birunya serasi dengan gaun sang Duchess.

Pejabat pendidikan Khadija Bakhtiar mengatakan kepada AFP bahwa pasangan itu membantu beberapa siswa memecahkan masalah.

"Keduanya ingin terlibat secara alami, jadi itu adalah kunjungan yang sangat menyenangkan," katanya, seperti dilaporkan AFP.

BACA JUGA: Pertama Kali, Pangeran William-Kate Middleton Kunjungi Pakistan untuk Tur 5 Hari

William dan Kate menghabiskan sekitar setengah jam di sekolah yang dikelola pemerintah itu, yang diperkirakan memiliki 1.000 siswa dari kelas satu hingga kelas 12.

Mereka juga tampak disambut dengan lambaian tangan oleh para siswa yang tersenyum.

Saat kunjungan, William dan Kate itu di bawah pengamanan ketat. Mereka lalu mengunjungi konservasi di kaki bukit Himalaya di luar Islamabad, sebelum bertemu dengan Perdana Menteri Imran Khan.

Imran Khan diketahui merupakan teman lama ibu William, mendiang Putri Diana.

BACA JUGA: Bepergian dengan Pesawat Murah, Pangeran William-Kate Middleton Tuai Pujian

Hampir setengah dari anak-anak usia sekolah Pakistan -yang berjumlah 23 juta anak- tidak bersekolah, menurut UNICEF.

Anak perempuan secara khusus terabaikan dalam dunia pendidikan di negara patriarki yang konservatif itu. Para kaum perempuan memperjuangkan hak-hak dasar mereka selama beberapa dekade.

Tahun lalu, sebuah laporan Human Rights Watch menyebut, 32 persen anak perempuan usia sekolah dasar tidak bersekolah, dibandingkan dengan 21 persen anak laki-laki.

Rincian kunjungan lima hari pasangan kerajaan itu dirahasiakan, dengan keamanan diperkirakan ketat. Ini merupakana perjalanan resmi pertama mereka ke Pakistan.

Selain di Islamabad, mereka akan mengunjungi Kota Lahore, yang pernah menjadi ibu kota Kekaisaran Mughal, serta pegunungan utara dan wilayah dekat perbatasan dengan Afghanistan di barat.


Editor : Nathania Riris Michico