Ini yang Akan Disampaikan Joe Biden saat Bertemu Erdogan

Anton Suhartono · Minggu, 31 Oktober 2021 - 05:51:00 WIB
Ini yang Akan Disampaikan Joe Biden saat Bertemu Erdogan
Joe Biden (kanan) akan bertemu Erdogan di Glasgow (Foto: Reuters)

ROMA, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan bertemu dengan mitranya dari Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pertemuan, Minggu (31/10/2021), di Glasgow, Skotlandia. Seorang pejabat AS mengatakan, kesempatan tersebut akan dimanfaatkan Biden untuk memperingatkan Erdogan bahwa setiap keputusan terburu-buru yang diambil Turki tidak akan menguntungkan hubungan kedua negara. 

Selain itu Biden akan mendesak Turki untuk menghindari krisis yang menyebabkan hubungan kedua negara semakin terpuruk.

Erdogan sebelumnya memerintahkan pengusiran 10 duta besar asing, termasuk AS, terkait desakan pembebasan seorang pengusaha yang juga filantrofis Osman Kavala, meski keputusan itu dibatalkan.

"Tentu saja Presiden akan mengatakan bahwa kita perlu mencari cara menghindari krisis ke depan serta tindakan terburu-buru tidak akan menguntungkan hubungan dan aliansi AS-Turki," kata pejabat AS yang meminta namanya tak dipublikasikan, seperti dikutip dari Reuters.

Dia menambahkan, pertemuan kedua pemimpin mungkin tidak akan terjadi jika Erdogan mengusir dubes AS. Masalah tersebut telah diselesaikan, setidaknya untuk saat ini.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda