Iran Dituding Pakai Akun Medsos Perempuan Cantik untuk Jebak dan Culik Warga Israel

Djairan ยท Selasa, 13 April 2021 - 14:30:00 WIB
Iran Dituding Pakai Akun Medsos Perempuan Cantik untuk Jebak dan Culik Warga Israel
Ilustrasi media sosial. (Foto: Ist.)

YERUSALEM, iNews.id – Dinas Intelijen Internasional Israel, Mossad, melalui laporannya menyebut agen intelijen Iran menggunakan akun media sosial palsu untuk memikat warga Israel di luar negeri. Tujuan akhirnya adalah untuk menculik bahkan melukai mereka.

“Metode yang mereka gunakan yakni membuat profil palsu di media sosial agar bisa berhubungan dengan orang Israel yang biasanya merupakan pelaku bisnis internasional, atau warga yang sering bepergian ke luar negeri,” ungkap badan keamanan dalam negeri Israel, Shin Bet, dan laporan intelijen, dikutip Alarabiyah, Selasa (13/4/2021).

Menurut laporan Mossad, akun media sosial palsu itu biasanya adalah profil perempuan cantik namun fiktif yang mengaku-ngaku berkecimpung di industri pariwisata dan bisnis lainnya. Mossad mengklaim agen intelijen Iran memikat warga Israel dengan dalih “romantis” dan “komersial”.

Mossad juga mengatakan, jenis jebakan tersebut biasa dilakukan Iran di negara-negara yang memiliki hubungan dengan Israel seperti negara-negara Arab, Turki, negara-negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), dan negara-negara di Kaukasus, Afrika, dan Eropa.

Shin Bet bulan lalu telah menyarankan agar wisatawan Israel tidak melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Georgia, Azerbaijan, Turki, Mesir, Yordania, dan Wilayah Kurdi di Irak. Badan itu beralasan, ada ancaman dari Iran untuk menyerang orang Israel di luar negeri.

“Ini adalah pola yang mirip dengan yang dilakukan oleh Iran di masa lalu terhadap lawan rezim di Eropa. Sekarang, Iran melakukannya terhadap warga Israel,” kata Shin Bet.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2