Iran Eksekusi Mati Pria yang Siksa dan Bunuh Anggota Paramiliter

Umaya Khusniah ยท Kamis, 08 Desember 2022 - 14:52:00 WIB
Iran Eksekusi Mati Pria yang Siksa dan Bunuh Anggota Paramiliter
Pemerintah Iran mengeksekusi mati seorang pengunjuk rasa. (Foto: Reuters)

TEHERAN, iNews.id - Pemerintah Iran mengeksekusi mati seorang pengunjuk rasa pada Kamis (8/12/2022). Dia dinyatakan bersalah karena membunuh seorang penjaga keamanan (paramiliter) dengan pisau dan menutup jalanan di ibu kota. 

Dilansir dari kantor berita semi-resmi Tasnim, pria tersebut yakni Mohsen Shekari. Sayangnya, tak ada keterangan lebih lanjut terkait eksekusi ini. 

Sebelumnya, juru bicara kehakiman Iran, Masoud Setayeshi pada Selasa (6/12/2022)  mengumumkan lima orang divonis mati atas kasus pembunuhan anggota milisi Basij, Rouhollah Ajamian. Atas putusan tersebut, para terdakwa diizinkan mengajukan banding.

Selain lima orang tersebut, 11 orang lain termasuk tiga anak juga dijatuhi hukuman penjara. 

Jaksa mengatakan anggota paramiliter Ruhollah Ajamian (27) ditelanjangi dan dibunuh oleh sekelompok orang yang memberikan penghormatan kepada seorang pengunjuk rasa yang terbunuh, Hadis Najafi.

Ajamian tewas di Karaj, sebelah barat Teheran, pada 3 November. Dia diserang dengan pisau dan batu. Dia juga dihajar secara fisik dan diseret di sepanjang jalan. 

Najafi sendiri terbunuh pada 21 September, lima hari setelah gelombang protes yang meletus di seluruh Iran pasca-kematian Mahsa Amini. Gadis itu tewas di penjara polisi moral yang menangkapnya karena melanggar aturan hijab. 

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda