Iran Mungkin Tingkatkan Pengayaan Uranium Jadi 60 Persen, AS Sebut Ancaman

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 06:31:00 WIB
Iran Mungkin Tingkatkan Pengayaan Uranium Jadi 60 Persen, AS Sebut Ancaman
Foto satelit aktivitas di fasilitas nuklir Iran (Foto: Twitter)

DUBAI, iNews.id - Iran kemungkinan akan meningkatkan pengayaan uranium menjadi 60 persen jika diperlukan, mengabaikan tekanan Amerika Serikat (AS) atas program nuklirnya.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, negaranya tak akan membatasi pengayaan kemurnian uranium hanya 20 persen sebagaimana dicapai sebelum penandatanganan kesepakatan nuklir rencana aksi bersama JCPOA tahun 2015.

Kesepakatan nuklir Iran 2015 yang diteken bersama enam negara, yakni AS, Inggris, Prancis, Jerman, China, dan Rusia, membatasi Iran untuk memurnikan fisil pada 3,67 persen. Namun sejak AS keluar dari kesepakatan itu pada Mei 2018, Iran kembali meningkatkannya. Butuh pengayaan uranium hingga 90 persen bagi Iran untuk bisa membuat senjata nuklir.

"Tingkat pengayaan uranium Iran tidak akan dibatasi hingga 20 persen. Kami akan meningkatkannya berapa pun yang dibutuhkan. Kami bisa meningkatkannya menjadi 60 persen," kata Khamemeni kepada stasiun televisi pemerintah, seperti dilaporkan kembali Reuters, Selasa (23/2/2021).

Dia juga menuduh AS dan Eropa berlaku tidak adil dalam kesepakatan seraya menegaskan Iran tak akan tunduk pada tekanan apa pun terkait program nuklirnya.

"Amerika dan Eropa menggunakan bahasa yang tidak adil terhadap Iran dalam kesepakatan ini. Iran tidak akan menyerah pada tekanan. Sikap kami tidak akan berubah," kata Khamenei.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2