Iran Tingkatkan Pengayaan Uranium 20 Persen Fasilitas Nuklir di Tengah Ketegangan dengan AS

Anton Suhartono · Sabtu, 02 Januari 2021 - 06:50:00 WIB
Iran Tingkatkan Pengayaan Uranium 20 Persen Fasilitas Nuklir di Tengah Ketegangan dengan AS
Iran akan meningkatkan pengayaan uranium menjadi 20 persen di Fasilitas Nuklir Fordow (Foto: Twitter)

WINA, iNews.id - Iran akan meningkatkan pengayaan uranium hingga 20 persen di fasilitas nuklir Fordow. Rencana tersebut telah disampaikan ke Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Pengumuman ini disampaikan di tengah meningkatnya ketegangan antara negara itu dengan Amerika Serikat (AS). Iran memperkuat penjagaan di dua fasilitas nuklirnya dengan menempatkan rudal pencegat untuk mengantisipasi serangan tiba-tiba dari AS.

Ini merupakan langkah terbaru dari Iran untuk melampaui kesepakatan nuklir tahun 2015. Iran mulai melanggar kesepakatan itu pada 2019 setelah AS menarik diri pada Mei 2018.
 
Selain itu, pembunuhan ilmuwan nuklir terkemuka Mohsen Fakhrizadeh turut mengubah sikap Iran terhadap Barat. Iran menuduh Israel dan AS dalam pembunuhan itu serta menjanjikan pembalasan di saat yang tepat.

Pada Desember 2020, parlemen Iran mengesahkan undang-undang baru sebagai respons atas pembunuhan Fakhrizadeh.

"Iran telah memberi tahu kami, untuk mematuhi undang-undang yang baru-baru disahkan oleh parlemen, Badan Energi Atom Iran bermaksud memproduksi low-enrichment uranium (LEU) hingga 20 persen di fasilitas Fordow," demikian keterangan IAEA, dikutip dari Reuters, Sabtu (2/1/2021).

Laporan yang disampaikan IAEA kepada negara-negara anggota pada Jumat juga menggunakan redaksi kalimat yang sama dan tertanggal 31 Desember.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda