Iran Pindahkan Kapal Induk Tiruan USS Nimitz, Pertanda Latihan Perang Segera Dimulai

Anton Suhartono ยท Senin, 27 Juli 2020 - 12:51 WIB
Iran Pindahkan Kapal Induk Tiruan USS Nimitz, Pertanda Latihan Perang Segera Dimulai

Kapal induk tiruan USS Nimitz yang dibuat Iran dibawa ke Selat Hormuz (Foto: Maxar via AP)

DUBAI, iNews.id - Iran memindahkan kapal induk tiruan Amerika Serikat ke Selat Hormuz di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara. Kapal induk tiruan itu sengaja dibuat sebagai target latihan perang Iran, sebagai persiapan menghadapi kekuatan AS di laut.

Foto-foto satelit dari Maxar Technologies yang dirilis pada Senin (27/7/2020) menunjukkan, speed boat Iran menuju kapal induk setelah ditarik keluar oleh tugboat dari kota pelabuhan Bandar Abbas, seperti dilaporkan Associated Press.

Belum ada keterangan yang disampaikan pejabat Iran mengenai pemindahan replika kapal induk itu ke Selat Hormuz. Namun, kemunculannya di Selat Hormuz mengindikasikan akan digelarnya latihan perang besar, seperti dilakukan pada 2015.

Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain juga belum berkomentar. Wilayah Selat Hormuz bagian dari rute patroli armada tempur AS tersebut.

Replika itu menyerupai kapal induk USS Nimitz yang sering digunakan Angkatan Laut AS berlayar di Teluk Persia dari Selat Hormuz.

USS Nimitz baru saja memasuki perairan Timur Tengah akhir pekan lalu setelah berlayar dari Samudra Hindia, kemungkinan akan menggantikan USS Dwight D Eisenhower di Laut Arab.

Belum jelas apakah USS Nimitz akan melewati Selat Hormuz atau tidak selama berlayar di Timur Tengah.

Tahun lalu kapal induk AS lainnya USS Abraham Lincoln menghabiskan berbulan-bulan di Laut Arab sebelum menuju Hormuz.

Sementara itu replika kapal induk AS yang dibuat Iran membawa 16 jet tempur di geladak. Kapal memiliki panjang sekitar 200 meter dan lebar 50 meter. Namun USS Nimitz yang asli memiliki panjang lebih dari 300 meter dan lebar 75 meter.

Dalam latihan perang pada Februari 2015 yang disebut 'Great Prophet 9', Iran juga membuat kapal induk tiruan. Kapal-kapal perang Iran mengerumuninya sambil menembakkan senapan mesin dan roket. Rudal darat ke air juga ditembakkan yang membuat kapal tiruan itu hancur.

Editor : Anton Suhartono