Israel Ancam Palestina Lagi, DK PBB Serukan Solusi 2 Negara Dihormati di Timur Tengah

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 13:30:00 WIB
Israel Ancam Palestina Lagi, DK PBB Serukan Solusi 2 Negara Dihormati di Timur Tengah
Pertemuan Dewan Keamanan di markas PBB, 12 Februari 2020 di New York City. (FOTO: Johannes EISELE / AFP)

NEW YORK, iNews.id - Dewan Keamanan (DK) PBB menyerukan semua pihak mempertahankan dukungan mereka atas solusi dua negara terkait konflik Israel-Palestina. Pernyataan ini muncul setelah Israel mengklaim akan membangun permukiman baru di Yerusalem Timur.

"Anggota Dewan menegaskan kembali dukungan mereka untuk solusi dua negara yang dinegosiasikan, di mana dua negara demokratis, Israel dan Palestina, hidup berdampingan dengan damai di dalam perbatasan yang aman dan diakui," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Belgia, yang memegang jabatan presiden bergilir DK PBB, dan didukung oleh 14 anggota lainnya, termasuk Amerika Serikat (AS).

"Semua pihak harus menahan diri dari merusak kelangsungan solusi kedua negara untuk menjaga prospek perdamaian yang adil, komprehensif, dan abadi," lanjut pernyataan itu, seperti dilaporkan AFP, Selasa (25/2/2020).

Peryataan ini merespons ancaman Israel baru-baru ini untuk membangun ribuan rumah lagi di Yerusalem Timur, di sebuah wilayah yang diklaim oleh Palestina.

"Menekankan perlunya mengerahkan upaya kolektif untuk meluncurkan negosiasi yang kredibel tentang semua masalah status akhir," isi pernyataan itu.

DK PBB juga menyatakan keprihatinan besar soal tindakan kekerasan terhadap warga sipil di sana.

Pernyataan itu muncul setelah dua hari meningkatnya ketegangan di kawasan, setelah kelompok Palestina, Jihad Islam, menembakkan roket ke Israel, menyusul pembunuhan tiga anggotanya di Jalur Gaza dan Suriah.


Editor : Nathania Riris Michico