Israel Bakal Seret Polisi Pembunuh Lelaki Autis Palestina ke Pengadilan

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 21:19 WIB
Israel Bakal Seret Polisi Pembunuh Lelaki Autis Palestina ke Pengadilan

Mobil polisi Israel (ilustrasi). (Foto: AFP)

YERUSALEM, iNews.id – Kementerian Kehakiman Israel menyatakan bakal mengajukan dakwaan terhadap polisi pembunuh lelaki autis Palestina di Kota Tua Yerusalem, beberapa bulan lalu. Polisi itu akan didakwa dengan tuduhan “pembunuhan secara sembrono”.

Iyad Hallak (32), pria Palestina yang menjadi korban kebengisan aparat zionis itu, ditembak mati pada 30 Mei lalu. Kala itu, dia sedang berjalan ke sekolah kebutuhan khusus di Yerusalem Timur yang dicaplok Israel. Menurut media setempat, Hallak ditembak lantaran polisi Israel secara keliru mengira korban membawa senjata.

Hallak dibunuh di dekat Gerbang Singa di gang-gang Kota Tua Yerusalem, tempat dia bersekolah sejak enam tahun lalu. Kementerian Kehakiman Israel menyatakan, aparat yang menembak Hallak gagal menerapkan SOP tentang penembakan yang berlaku di Kepolisian Israel.

“Korban (Hallak) tidak menimbulkan bahaya bagi polisi atau warga sipil di tempat kejadian,” ungkap Kementerian Kehakiman Israel dalam sebuah pernyataan, Rabu (21/10/2020), dikutip AFP.

Menurut kementerian itu, polisi yang tidak disebutkan namanya itu bisa menghadapi hukuman 12 tahun penjara jika terbukti bersalah.

Sementara pengacara keluarga Hallak, Khalid Zabarkah mengatakan, upaya Kementerian Kehakiman Israel kali ini belum cukup untuk memberikan hukuman yang setimpal kepada polisi pembunuh itu. “Keputusan (kementerian) itu penting, tapi belum cukup. Iyad tidak menimbulkan bahaya apa pun untuk dijadikan sasaran dan dibunuh dengan cara yang buruk seperti ini,” kata Zabarkah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua