Jepang Bagi-Bagi Vaksin Covid, Taiwan dan Vietnam Masing-Masing Dapat 1 Juta Dosis

Antara · Jumat, 25 Juni 2021 - 17:33:00 WIB
Jepang Bagi-Bagi Vaksin Covid, Taiwan dan Vietnam Masing-Masing Dapat 1 Juta Dosis
Vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca. (Foto: Ist.)

TOKYO, iNews.idJepang bakal membagi-bagikan vaksin Covid milik mereka kepada negara yang membutuhkan. Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi mengatakan, pemerintahnya akan memberikan 1 juta dosis vaksin buatan AstraZeneca masing-masing ke Taiwan dan Vietnam.

Menurut Motegi, Jepang juga tengah menyiapkan pengiriman masing-masing 1 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina. 

Dia menyebutkan, Jepang akan mulai memasok total 11 juta dosis vaksin corona ke kawasan termasuk Asia Tenggara, Asia Barat Daya, dan Kepulauan Pasifik. Vaksin itu disumbangkan melalui program usaha bersama (joint venture) COVAX mulai pertengahan Juli nanti.

Sebelumnya, Jepang telah menjanjikan sumbangan sebesar 1 miliar dolar AS (sekitar Rp14,3 triliun) dan 30 juta dosis ke fasilitas global COVAX, yang menyediakan vaksin untuk negara-negara yang membutuhkan. Namun, pengiriman ke Vietnam, Taiwan, dan tetangga Asia lainnya dilakukan di luar COVAX untuk mempercepat pengiriman.

“Jika melalui organisasi internasional, prosedur untuk mendapatkan persetujuan mungkin memakan waktu,” kata Motegi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: