Joe Biden Bakal Bicara dengan Xi Jinping Beberapa Pekan Lagi, Mau Bahas Apa?

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 07:58:00 WIB
Joe Biden Bakal Bicara dengan Xi Jinping Beberapa Pekan Lagi, Mau Bahas Apa?
Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden AS Joe Biden saat bertemu pada 2012. Kala itu, Biden masih menjabat wakil presiden AS. (Foto: Reuters)

AIR FORCE ONE, iNews.id – Presiden AS Joe Biden akan mengagendakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping dalam beberapa minggu mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan.

“Saya tidak akan terkejut jika dalam beberapa minggu mendatang, Presiden Biden dan Presiden Xi berbicara lagi,” kata Sullivan di tengah penerbangannya bersama Biden dengan pesawat kepresidenan AS, Air Force One, Kamis (19/5/2022).

Sehari sebelumnya, Sullivan berbicara dengan Penasihat Kebijakan Luar Negeri China, Yang Jiechi, lewat sambungan telepon. Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan keprihatinan tentang kegiatan nuklir dan rudal Korea Utara. Sullivan juga mengatakan, dalam pandangan Amerika Serikat, kegiatan militer Pyongyang itu bukan untuk kepentingan China.

“Itu bukan kepentingan Amerika, dan bahwa China harus mempertimbangkan untuk mengambil langkah apa pun yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan tindakan provokatif Korea Utara,” katanya seperti dikutip Reuters.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: