Joe Biden Bakal Teken Dokumen Masuknya Finlandia dan Swedia ke NATO

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 11:12:00 WIB
Joe Biden Bakal Teken Dokumen Masuknya Finlandia dan Swedia ke NATO
Presiden AS Joe Biden bakal meneken dokumen masuknya Finlandia dan Swedia ke dalam NATO, Selasa (9/8/2022). (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden AS Joe Biden akan menandatangani dokumen pengesahan bergabungnya Swedia dan Finlandia ke dalam NATO pada Selasa (9/8/2022) waktu AS. Hal itu diungkapkan Gedung Putih.

“(Pada pukul) 14.00 (Rabu pukul 01.00 WIB) PRESIDEN menyampaikan sambutan dan menandatangani Instrumen Pengesahan untuk Protokol Aksesi Pakta Atlantik Utara untuk Republik Finlandia dan Kerajaan Swedia; WAKIL PRESIDEN juga hadir,” demikian jadwal yang dirilis Gedung Putih.

Sebelumnya, Senat AS telah menyetujui masuknya Finlandia dan Swedia ke dalam NATO. Lembaga legislatif Amerika itu memberikan suara 95 berbanding 1 untuk mendukung ratifikasi dokumen aksesi Helsinki dan Stockholm ke aliansi militer tersebut. 

Jumlah itu jauh melampaui mayoritas dua pertiga (67 suara) yang diperlukan untuk mendapatkan persetujuan Senat.

Swedia dan Finlandia mengajukan keanggotaan NATO sebagai tanggapan atas agresi militer Rusia di Ukraina. Moskow telah berulang kali memperingatkan kedua negara Nordik itu agar tidak bergabung dengan pakta pertahanan tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda