Senat AS Setujui Masuknya Finlandia dan Swedia ke NATO

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 06:21:00 WIB
Senat AS Setujui Masuknya Finlandia dan Swedia ke NATO
Gedung Parlemen AS (ilustrasi). (Foto: Ist.)

WASHINGTON DC, iNews.id – Senat AS menyetujui masuknya Finlandia dan Swedia ke dalam NATO. Persetujuan itu menjadi perluasan keanggotaan yang paling signifikan bagi aliansi militer tersebut sejak dekade 1990-an, terutama saat menanggapi agresi Rusia ke Ukraina.

Reuters melansir, Senat AS memberikan suara 95 berbanding 1 untuk mendukung ratifikasi dokumen aksesi Finlandia dan Swedia ke NATO. Jumlah itu jauh melampaui mayoritas dua pertiga (67 suara) yang diperlukan untuk mendapatkan persetujuan Senat.

Swedia dan Finlandia mengajukan keanggotaan NATO sebagai tanggapan atas agresi militer Rusia di Ukraina. Moskow telah berulang kali memperingatkan kedua negara Nordik itu agar tidak bergabung dengan pakta pertahanan tersebut.

Sebanyak 30 sekutu NATO menandatangani protokol aksesi untuk Helsinki dan Stockholm bulan lalu, yang memungkinkan mereka untuk bergabung dengan aliansi bersenjata nuklir yang dipimpin AS tersebut begitu anggotanya meratifikasi keputusan tersebut.

Kala itu, Finlandia dan Swedia telah diperkenankan untuk berpartisipasi dalam pertemuan NATO dan memiliki akses yang lebih besar ke intelijennya. Akan tetapi, kedua negara itu belum dilindungi oleh Pasal Lima, klausul pertahanan NATO yang menyatakan bahwa serangan terhadap satu sekutu adalah serangan terhadap semua anggota aliansi.

Aksesi Finlandia dan Sweddia harus diratifikasi oleh parlemen dari 30 negara anggota NATO, sebelum keduanya dapat dilindungi oleh klausul pertahanan tersebut. Pengesahan keanggotaan mereka bisa memakan waktu hingga satu tahun, meski telah disetujui oleh beberapa negara, termasuk Kanada, Jerman, dan Italia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda