Joe Biden Buka Hubungan dengan Palestina Lagi, Pulihkan Bantuan yang Dipangkas Trump

Anton Suhartono ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 07:22:00 WIB
Joe Biden Buka Hubungan dengan Palestina Lagi, Pulihkan Bantuan yang Dipangkas Trump
Pemerintahan Joe Biden akan membuka hubungan lagi dengan Palestina serta memulihkan bantuan yang sempat dipangkas Donald Trump (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memulihkan hubungan dengan Palestina serta meneruskan bantuan bagi pengungsi Palestina yang sempat dipangkas oleh Donald Trump.

Ini merupakan bagian dari komitmen pemerintahan Biden untuk melanjutkan solusi dua negara dalam mengatasi konflik Israel dan Palestina yang berlangsung puluhan tahun.

Pelaksana tugas Duta Besar AS untuk PBB Richard Mills mempresentasikan kebijakan baru pemerintahan Biden dalam pertemuan virtual Dewan Keamanan PBB. 

Dia menegaskan, pemerintahan AS yang baru yakin solusi dua negata merupakan cara terbaik untuk memastikan masa depan Israel sebagai negara Yahudi yang demokratis sambil menjunjung tinggi aspirasi rakyat Palestina yang memiliki hak untuk hidup bermartabat dengan jaminan keamanan.

Mills memperjelas pendekatan pemerintahan Biden yang lebih adil terhadap konflik Israel-Palestina.

"Di bawah pemerintahan baru, kebijakan Amerika Serikat akan mendukung solusi dua negara yang disepakati bersama, di mana Israel hidup dalam perdamaian dan keamanan di samping negara Palestina yang layak," katanya, dikutip dari Associated Press, Rabu (27/1/2021).

Dia menambahkan, perdamaian tidak bisa diwujudkan tanpa melibatkan partisipasi dan persetujuan dari Israel dan Palestina.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3