Palestina Akan Gelar Pemilu Pertama sejak 15 Tahun, Cairkan Hubungan Fatah dan Hamas

Anton Suhartono ยท Sabtu, 16 Januari 2021 - 06:39:00 WIB
Palestina Akan Gelar Pemilu Pertama sejak 15 Tahun, Cairkan Hubungan Fatah dan Hamas
Mahmoud Abbas (Foto: AFP)

RAMALLAH, iNews.id - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan pemilihan anggota legislatif dan presiden pada 2021. Ini merupakan pemilu pertama di Palestina sejak 15 tahun dalam upaya untuk mencairkan perpecahan antarfaksi yang berlangsung lama.

Dalam keputusan yang dikeluarkan kantor presiden, Pemerintah Otoritas Palestina (PA) akan menggelar pemilihan anggota legislatif pada 22 Mei dan pemilihan presiden pada 31 Juli 2021.

"Presiden menginstruksikan komisi pemilihan dan semua aparatur negara untuk meluncurkan proses pemilihan demokratis di semua kota di tanah air," bunyi pernyataan, mengacu pada Tepi Barat, Janur Gaza, dan Yerusalem Timur, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (16/1/2021).

Faksi politik Palestina yang berseteru sepakat untuk melakukan rekonsiliasi dan menghadirkan front persatuan sejak Israel meneken kesepakatan damai dengan empat negara Arab, yakni Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko, pada tahun lalu.

Kesepakatan itu membuat kecewa warga Palestina dan membuat mereka semakin terisolasi.

Hamas, salah satu faksi yang merupakan pesaing utama Abbas, menyambut baik pengumuman tersebut.

"Kami telah mengupayakan dalam beberapa bulan terakhir untuk menyelesaikan semua hambatan sehingga dapat mencapai hari ini," demikian pernyataan Hamas.

Hamas berharap pemilu berjalan dengan adil, di mana para pemilih dapat mengekspresikan keinginan mereka tanpa batasan atau tekanan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2