Joe Biden Sebut Pasukan AS Siap Bela Taiwan jika Diserang, Begini Komentar China

Anton Suhartono ยท Senin, 19 September 2022 - 15:52:00 WIB
Joe Biden Sebut Pasukan AS Siap Bela Taiwan jika Diserang, Begini Komentar China
Mao Ning memprotes keras AS terkait pernyataan Joe Biden soal Taiwan (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China memprotes keras Amerika Serikat (AS) terkait pernyataan Presiden Joe Biden soal Taiwan. Dalam wawancara di program 60 Minutes CBS News, Biden mengatakan pasukan AS siap membantu Taiwan jika diserang China.

Juru Bicara Kemlu China Mao Ning mengatakan pemerintahannya berhak melakukan semua tindakan yang diperlukan dalam merespons aktivitas yang bisa memecah belah bangsa.

"Kami bersedia melakukan yang terbaik untuk memperjuangkan reunifikasi damai. Pada saat yang sama, kami tidak akan menoleransi setiap aktivitas yang bertujuan untuk memisahkan diri," kata Mao, merujuk pada upaya Taiwan untuk merdeka, dikutip dari Reuters, Senin (19/9/2022).

Dia juga mendesak AS untuk merespons isu Taiwan secara hati-hati dan benar, tidak mengirim sinyal yang salah kepada pasukan separatis kemerdekaan Taiwan.

Mao juga memperingatkan AS untuk tidak merusak hubungan kedua negara yang sudah terjalin serta dan perdamaian di Selat Taiwan.

"Hanya ada Satu China di dunia, Taiwan adalah bagian dari China, dan pemerintah Republik Rakyat China adalah satu-satunya pemerintah China yang sah," kata Mao.

Pernyataan Biden yang disiarkan pada Minggu kemarin merupakan yang paling gamblang Biden soal ketegangan China dan Taiwan. Sebenarnya ini pernyataan Biden kedua bahwa AS akan membela Taiwan dengan kekuatan militer jika wilayah itu diserang China. Namun kali ini disertai dengan pegerahan pasukan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda