Joe Biden Sebut Pasukan AS Akan Bantu Taiwan jika Diserang China, Taipei Girang

Anton Suhartono · Senin, 19 September 2022 - 13:22:00 WIB
Joe Biden Sebut Pasukan AS Akan Bantu Taiwan jika Diserang China, Taipei Girang
Joe Biden menegaskan pasukan AS akan membela Taiwan jika wilayah itu diserang China (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan pasukannya akan membantu Taiwan jika wilayah itu diserang China. Ini merupakan pernyataan paling gamblang Biden soal ketegangan China dan Taiwan.

"Iya, jika pada kenyataannya terjadi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Biden, menjawab pertanyaan pembawa acara, apakah pasukan AS akan membela Taiwan jika diserang, dalam program '60 Minutes' CBS News yang tayang Minggu (18/9/2022) waktu AS.

Syuting wawancara diketahui berlangsung pekan lalu. Saat ini Biden berada di Inggris untuk menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

Biden lalu menegaskan, kasus Taiwan berbeda dengan Ukraina. Jika di Ukraina AS mengirim bantuan persenjataan, maka untuk Taiwan pasukannya yang akan dikerahkan.

Sebenarnya ini pernyataan Biden kedua bahwa AS akan membela Taiwan dengan kekuatan militer jika wilayah itu diserang China. Namun kali ini disertai dengan pegerahan pasukan.

Pernyataan tersebut disebut melanggar kebijakan lama AS yang masih mengakui Taiwan sebagai bagian dari China atau dikenal dengan Satu China. AS sejak lama terjebak pada kebijakan ambigu soal Taiwan.

Di sisi lain, dalam wawancara itu Biden menegaskan kembali bahwa AS tetap berkomitmen pada kebijakan Satu-China, yakni mengakui Beijing secara resmi, bukan Taipei. Dia juga menggarisbawahi bahwa AS tidak mendorong Taiwan untuk merdeka.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda