Junta Militer Myanmar Geram gara-gara Perwakilannya Ditolak PBB

Ahmad Islamy Jamil · Kamis, 02 Desember 2021 - 18:28:00 WIB
Junta Militer Myanmar Geram gara-gara Perwakilannya Ditolak PBB
Juru bicara junta militer Myanmar, Zaw Min Tun. (Foto: Reuters)

NAYPYITAW, iNews.idJunta militer Myanmar merasa geram dan mengecam keputusan PBB menolak perwakilan yang mereka ajukan untuk duduk di organisasi dunia itu. Dengan keputusan itu, PBB tetap mempertahankan utusan Myanmar yang sebelumnya ditunjuk oleh pemerintah terguling Aung San Suu Kyi.

“Keputusan (PBB) ini tidak mencerminkan kenyataan di lapangan dan keberadaan negara kami,” kata juru bicara junta Myanmar, Zaw Min Tun, kepada AFP, Kamis (2/12/2021).

“Kami akan terus menyerahkan (nama perwakilan yang baru ke PBB) seperti biasa, sesuai dengan prosedur diplomatik dan hak perwakilan sesuai dengan hukum internasional dan lokal,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunda keputusan tentang siapa yang akan mewakili Afghanistan dan Myanmar di organisasi dunia beranggotakan 193 negara itu.

Duta Besar Swedia untuk PBB, Anna Enestrom, mengatakan kepada wartawan bahwa komite memutuskan untuk menangguhkan keputusannya tentang kredensial dua negara itu. Hal tersebut disampaikan Enestrom seusai memimpin rapat tertutup Komite Kredensial Majelis Umum PBB, Rabu (1/12/2021).

Dengan adanya pengumuman itu, dapat diartikan bahwa perwakilan Taliban Afghanistan dan junta militer Myanmar tidak diizinkan mewakili negara masing-masing di PBB untuk saat ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: