Jurnalis Yahudi Ini Dipecat gara-gara Bela Palestina

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 22 Mei 2021 - 03:45:00 WIB
Jurnalis Yahudi Ini Dipecat gara-gara Bela Palestina
Emily Wilder. (Foto: Twitter)

“Menggunakan ‘Israel’ (sebagai korban) tetapi tidak pernah (menggunakan) ‘Palestina’, atau; menggunakan istilah ‘perang’ tetapi bukan ‘pengepungan dan pendudukan’ (oleh Israel) adalah pilihan politis—namun media membuat pilihan yang tepat sepanjang waktu tanpa ditandai sebagai bias,” tulisnya.

Beberapa saluran media konservatif pada minggu ini menerbitkan cerita tentang Wilder—yang sebelumnya bekerja di perusahaan surat kabar Arizona Republic, setelah lulus dari Universitas Stanford. Cerita itu berawal dari cuitan Stanford College Republicans menampilkan sebuah utas yang menyoroti aktivisme Wilder di masa lalu.

Tweet tersebut menyertakan tangkapan layar dari unggahan Facebook Wilder, ketika dia mengkritik zionis, termasuk Sheldon Adelson dari Amerika Serikat—mendiang miliarder yang juga pendukung Donald Trump. Utas itu pun kemudian menjadi viral.

Kabar pemecatan Wilder pun menuai reaksi keras dari rekan sesama jurnalis. “Saya mendukung Emily. Reportasenya di surat kabar kami sangat bagus. Cabut keputusan Anda (AP) SEKARANG JUGA,” tulis seorang reporter Arizona Republic, Rebekah Sanders. 

“Saya berani bertaruh banyak uang, orang (Wilder) ini akan mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik,” cuit Ben Collins dari NBC di Twitter. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel: