Kalah Pilkada, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai

Umaya Khusniah ยท Minggu, 27 November 2022 - 06:23:00 WIB
Kalah Pilkada, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengundurkan diri sebagai ketua Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa pada Sabtu (26/11/2022) malam. (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengundurkan diri sebagai ketua Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa pada Sabtu (26/11/2022) malam. Mundurnya Presiden Tsai menyusul kegagalan partainya mendulang dukungan publik dalam pemilu lokal di 22 kota dan kabupaten.

"Hasilnya mengecewakan harapan kami. Kami dengan rendah hati menerima hasilnya dan menerima keputusan rakyat Taiwan," kata Tsai kepada wartawan di markas besar partai saat dia berhenti sebagai ketua partai yang juga dia lakukan setelah hasil buruk 2018.

Dalam pemilu lokal, partai oposisi utama Kuomintang (KMT) memimpin atau mengklaim kemenangan di 13 dari 21 kursi wali kota dan bupati yang diperebutkan, termasuk ibu kota Taipei. Ini secara umum, serupa dengan hasil pilkada terakhir tahun 2018.

Sebelumnya, Presiden Tsai menggambarkan pemilu lokal ini sebagai upaya agar dunia menyaksikan bagaimana Taiwan mempertahankan demokrasinya di tengah ketegangan militer dengan China, yang mengklaim pulau itu sebagai wilayahnya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda