Kapal Perang AS Kembali Arungi Laut China Selatan, Beijing Beri Ancaman Begini

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 14:46:00 WIB
Kapal Perang AS Kembali Arungi Laut China Selatan, Beijing Beri Ancaman Begini
Kapal perang AS, USS Benfold. (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.idMiliter China membuntuti sebuah kapal perang AS yang memasuki perairan dekat Kepulauan Paracel di Laut China Selatan (LCS). Pasukan China juga memperingatkan kapal Amerika itu agar keluar dari kawasan tersebut.

Reuters melansir, insiden kali ini memicu eskalasi terbaru dalam ketegangan di jalur perairan yang disengketakan itu.

Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menyatakan, kapal perang USS Benfold milik AS  berlayar secara ilegal ke “perairan teritorial China” tanpa izin. Menurut militer Tiongkok, tindakan kapal itu telah melanggar kedaulatan negara, sehingga Angkatan Laut dan Angkatan Udara China pun langsung bergerak untuk melacak kapal tersebut.

“Kami dengan sungguh-sungguh menuntut agar pihak AS segera menghentikan tindakan provokatif semacam itu. Jika tidak, maka (AS) akan menanggung konsekuensi serius dari peristiwa yang tidak terduga,” ungkap Komando Teater Selatan PLA dalam pernyataannya, Kamis (20/1/2022).

Sementara itu, Angkatan Laut AS menyatakan, USS Benfold hanya menegaskan hak navigasi dan kebebasan di sekitar Pulau Paracel. Menurut mereka, misi kapal perang itu konsisten dengan hukum internasional.

“Pada akhir operasi, USS Benfold keluar dari klaim berlebihan (China) itu dan melanjutkan operasi di Laut China Selatan,” kata Juru Bicara Armada ke-7 Angkatan Laut AS, Mark Langford.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda