Pidato di UI, Menlu AS Blinken Singgung Dominasi China di Laut China Selatan

Anton Suhartono ยท Selasa, 14 Desember 2021 - 11:29:00 WIB
Pidato di UI, Menlu AS Blinken Singgung Dominasi China di Laut China Selatan
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, saat berpidato di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/12/2021). (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menegaskan negaranya akan memajukan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Dia juga mengatakan, AS akan memperdalam aliansi perjanjian serta kemampuan pertahanan dan intelijen dengan mitra di kawasan. 

Blinken berkunjung ke Indonesia pada 13-14 Desember, salah satu agendanya menegaskan komitmen AS untuk memperkuat kehadirannya di Indo-Pasifik dalam berbagai bidang.

Pada kesempatan pidato di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/12/2021), Blinken mengatakan setiap orang memiliki andil dalam menjaga agar kawasan Indo-Pasifik bebas dari paksaan dan intimidasi. 

Pernyataan ini disampaikan di tengah meningkatnya persaingan dan ketegangan AS dan China dalam memperebutkan pengaruh dan kepentingan Indo-Pasifik. Hubungan kedua negara berada di titik terendah sejak pemerintahan Donald Trump, dilatarbelakangi isu perdagangan, pelanggaran HAM dan Xinjiang, Taiwan, Hong Kong, Covid-19, serta yang paling panas Laut China Selatan.

Menurut dia, setiap orang memiliki kepentingan dalam menjaga kawasan dari paksaan dan intimidasi, sebuah pesan terselubung kepada China. Pendekatan keamanan, kata dia, harus ditingkatkan sesuai dengan ancaman yang berkembang.

"Kami akan bekerja sama dengan sekutu dan mitra kami untuk mempertahankan tatanan berbasis aturan yang telah kita bangun bersama selama beberapa dekade, guna memastikan kawasan itu tetap terbuka dan dapat diakses," ujarnya, melanjutkan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda