Kapal Selam China Dekati Wilayah Taiwan, AS Kerahkan Tiga Pesawat Militer

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 06:20 WIB
 Kapal Selam China Dekati Wilayah Taiwan, AS Kerahkan Tiga Pesawat Militer

Pesawat militer Amerika Serikat berjenis P-8A (foto: ist)

BEIJING, iNews.id - Angkatan Udara Amerika Serikat mengerahkan tiga pesawat militer ke Laut China Selatan. Misi tersebut dilakukan untuk melacak keberadaan kapal selam China di dekat wilayah Taiwan.

Dilansir South China Morning Post, Sabtu (27/6/2020), tiga pesawat militer AS terpantau menyisir kawasan Laut China Selatan tepatnya di Selat Bashi pada hari Jumat (26/6/2020) antara pukul 10 pagi sampai siang hari. Sebelumnya, AS melakukan aktivitas serupa dalam lima hari berturut-turut.

Lembaga think tank China, The South China Sea Strategic Situation Probing Initiative mengatakan tiga pesawat militer AS yang dikirim berjenis pesawat pengintai EP-3, pesawat anti-kapal selam P-8A dan pesawat pengisi bahan bakar udara KC-135.

Rute yang dilalui tiga pewasat militer AS itu diketahui ke bagian barat daya Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan menuju Selat Bashi dan kemudian menuju Laut China Selatan.

Kementerian Pertahanan Taiwan menolak mengomentari misi militer AS dengan armada udaranya di dekat ADIZ. Namun, Taiwan menyadari kegiatan militer AS untuk memastikan keamanan pulau itu dan keselamatan masyarakat Taiwan.

Sepanjang Juni ini, pesawat tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) berulang kali mendekati area ADIZ. Angkatan Udara Taiwan kemudian mengerahkan jet-jet tempurnya untuk membayangi pesawat tempur Beijing menjauh.

China meningkatkan intensitas patroli jet tempur serta kapal perang di dekat Taiwan atau melalui Selat Taiwan sejak Presiden Tsai Ing Wen terpilih pada tahun 2016.

Tsai merupakan pemimpin Taiwan yang sejak awal menolak mengakui wilayahnya bagian dari satu China.

Beijing masih mengklaim Taiwan sebagai salah satu provinsi dan berjanji suatu hari akan merebutnya, jika perlu dengan paksaan.

Editor : Arif Budiwinarto