Kapal Tanker Iran Meledak di Lepas Pantai Saudi, Minyak Tumpah ke Laut Merah

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Oktober 2019 - 13:51:00 WIB
Kapal Tanker Iran Meledak di Lepas Pantai Saudi, Minyak Tumpah ke Laut Merah
Kapal tanker Iran meledak di lepas pantai Saudi di Laut Merah (Foto: Representational Image)

TEHERAN, iNews.id - Kapal tanker milik National Iranian Oil Company meledak dan terbakar di lepas pantai Arab Saudi, tepatnya sekitar 100 kilometer dari pantai Jeddah, Jumat (11/10/2019).

Stasiun televisi pemerintah Iran melaporkan, ledakan menghancurkan dua gudang kapal serta menyebabkan kebocoran minyak yang tumpah ke Laut Merah.

Sementara itu media Iran, Nour, yang dekat dengan Pasukan Garda Revolusi, mengungkap, situasi di kapal sudah terkendali. Tidak ada kru yang terluka dalam insiden ini.

Nour juga menyebut kapal tanker tersebut adalah Sanitized.

Belum diketahui apa penyebab ledakan, namun perusahaan menduga ada serangan rudal terhadap kapalnya.

Armada Angkatan Laut ke-5 Amerika Serikat yang memantau aktivitas pelayaran di perairan tempat kejadian sejauh ini belum berkomentar.

Ledakan ini terjadi sebulan setelah dua fasilitas minyak Aramco Arab Saudi diserang menggunakan rudal dan drone, menyebabkan berkurangnya pasokan minyak mentah dunia sebesar 5 persen. Saudi menyebut senjata yang digunakan dalam serangan tersebut merupakan buatan Iran.

Namun Iran membantah terlibat, sementara pemberontak Houthi di Yaman yang didukung Iran, mengaku bertanggung jawab.

Sebelumnya beberapa penyerangan misterius melibatkan kapal tanker beberapa negara terjadi di Selat Hormuz dalam beberapa bulan terakhir. Iran menjadi sasaran terduga pelakunya, meski dibantah.

Editor : Anton Suhartono