Kapsul SpaceX Mendarat di Florida, 2 Astronaut NASA Kembali ke Bumi dengan Selamat

Ahmad Islamy Jamil · Senin, 03 Agustus 2020 - 04:16 WIB
Kapsul SpaceX Mendarat di Florida, 2 Astronaut NASA Kembali ke Bumi dengan Selamat

Gambar tangkapan layar ini menunjukkan astronaut NASA, Douglas Hurley, saat diangkut ke atas kapal recovery sehabis mendarat di Teluk Meksiko, Minggu (2/8/2020). (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, iNews.idSpaceX Dragon Endeavour, pesawat kapsul ruang angkasa berawak Amerika yang terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade ini, telah kembali ke bumi. Pesawat itu mendarat di Teluk Meksiko, Minggu (2/8/2020) waktu setempat.

Empat parasut utama awak SpaceX Dragon Endeavour pun dengan lembut melayang turun ke perairan itu, setelah pesawat mendarat di lepas Pantai Pensacola, Florida, AS, pukul 14:48 waktu setempat (pukul 01.48 WIB).

“Ini benar-benar kehormatan dan hak istimewa kami,” ungkap Doug Hurley, salah satu dari dua astronaut NASA yang ikut dalam penerbagan itu, seperti dikutip AFP, Senin (3/8/2020) dini hari WIB.

“Atas nama tim NASA dan SpaceX, selamat datang kembali ke planet bumi dan terima kasih telah menerbangkan SpaceX,” jawab Mike Heiman dari SpaceX, di ruang kontrol.

Sejumlah kapal kecil atau boat milik masyarakat tampak mendatangi zona pendaratan kapsul luar angkasa tersebut. Sementara, sebuah kapal recovery melaju ke arah kapsul yang hangus itu dan membawanya naik.

Proses pembukaan lubang palka sempat tertunda selama beberapa waktu karena tim berusaha menghentikan kebocoran uap bahan bakar roket.

Misi yang berjalan sukses tersebut kembali membuktikan Amerika Serikat sebagai negara yang mempunyai kapasitas untuk mengirim astronaut ke luar angkasa dan membawa mereka pulang kembali.

Presiden AS Donald Trump memuji kembalinya para astronaut ke bumi dengan selamat. Dua bulan lalu, Trump hadir di Florida untuk peluncuran kapsul tersebut.

“Terima kasih untuk semuanya! Senang Astronaut NASA kembali ke bumi setelah misi dua bulan yang sangat sukses,” cuit Trump.

Misi ini juga menjadi kemenangan besar bagi SpaceX yang dipimpin milarder Elon Musk. SpaceX didirikan pada 2002. Meski masih terbilang muda, perusahaan itu mampu melangkah mau melampaui Boeing, pesaing utamanya dalam bisnis penerbangan luar angkasa.

Editor : Ahmad Islamy Jamil