Kasus Corona di India Melonjak Lagi, Warga Dilarang Bepergian Lebih dari 2 Km

Anton Suhartono ยท Senin, 29 Juni 2020 - 13:09 WIB
Kasus Corona di India Melonjak Lagi, Warga Dilarang Bepergian Lebih dari 2 Km

Mumbai berlakukan larangan bepergian radius 2 km dari rumah akibat lonjakan kasus virus corona (Foto: AFP)

MUMBAI, iNews.id - Kasus virus corona kembali melonjak di India setelah sempat melonggarkan lockdown. Otoritas wilayah pun kembali menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 lebih luas.

Di Ibu Kota Negara Bagian Maharashtra, Mumbai, polisi meminta warga membatasi perjalanan, yakni hanya radius 2 kilometer dari rumah.

Tindakan tegas akan diberikan bagi pelanggar. Pelonggaran untuk perjalanan di atas radius tersebut hanya diberikan untuk alasan ke kantor dan kebutuhan medis darurat, kata seorang pejabat polisi senior.

Kota pusat keuangan berpopulasi 18,4 juta jiwa itu merupakan daerah terparah dilanda wabah virus corona, yakni telah mengonfirmasi lebih dari 28.000 kasus aktif dengan 4.284 kematian.

Pemerintah Maharashtra pada Minggu (28/6/2020) mengumumkan perpanjangan lockdown untuk 3 bulan mendatang yang sedianya berakhir pada 30 Juni.

Namun ada beberapa pelonggaran untuk babak baru lockdown tersebut yang rencananya akan diumumkan pada 1 Juli.

"Lockdown tidak akan dicabut setelah 30 Juni mengingat risiko infeksi belum berakhir. Kami akan memperluas pelonggaran selangkah demi selangkah," kata Kepala Menteri Maharashtra, Uddhav Thackeray dikutip dari Xinhua, Senin (29/6/2020).

Di antara pedoman relaksasi yang dikeluarkan pemerintah, sepeda motor hanya boleh dinaiki pengemudi dan tiga orang termasuk pengemudi di mobil.

Editor : Anton Suhartono