Kasus Covid-19 Melonjak Drastis, Hong Kong Sulap Hall Pameran Jadi Rumah Sakit Darurat

Anton Suhartono ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 06:10 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak Drastis, Hong Kong Sulap Hall Pameran Jadi Rumah Sakit Darurat

Hong Kong sulap hall pameran menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien Covid-19 yang jumlahnya terus melonjak (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Hong Kong mengoperasikan rumah sakit darurat untuk menampung para pasien virus corona, Sabtu (1/8/2020). Kasus Covid-19 di wilayah semiotonomi China tersebut melonjak sejak beberapa pekan terakhir.

Rumah sakit darurat yang dilengkapi 500 tempat tidur itu diharapkan mampu mengurangi beban rumah sakit rujukan yang kewalahan menampung pasien Covid-19.

Hong Kong sempat dipuji karena keberhasilannya mengendalikan wabah di masa awal. Apalagi, kota itu dekat dengan China sebagai pusat wabah. Namun sejak bulan lalu patogen telah kembali. Beberapa kasus dibawa oleh puluhan ribu orang yang kembali ke wilayah tersebut meskipun telah menjalani karantina wajib.

Lebih dari 2.000 kasus infeksi terkonfirmasi sejak awal Juli atau 60 persen dari keseluruhan kasus sejak virus pertama kali menyerang Hong Kong pada akhir Januari.

Rumah sakit darurat yang baru didirikan berada di hall pameran AsiaWorld-Expo dekat bandara. Tempat itu akan menampung pasien Covid-19 berusia 18 hingga 60 tahun.

"Tujuan kami adalah menyeleksi pasien dan memberi mereka perawatan yang tepat serta rawat inap," kata Larry Lee, pejabat Otoritas Rumah Sakit Hong Kong, dikutip dari AFP, Minggu (2/8/2020).

Sekitar 20 hingga 30 pasien dirawat di hari pertama pembukaan RS darurat. Pasien akan menjalani rontgen, tes darah, pemeriksaan air liur serta jantung.

Jika kondisinya tidak stabil, pasien akan dikirim ke rumah sakit rujukan. Sementara pasien yang stabil akan menjalani perawatan di fasilitas tersebut.

Sejauh ini Hong Kong mengonfirmasi 3.396 kasus Covid-19, dengan kasus kematian sebanyak 31 orang.

Editor : Anton Suhartono