Pemimpin Hong Kong Carrie Lam Sebut Penyebaran Virus Corona di Luar Kendali

Anton Suhartono ยท Senin, 20 Juli 2020 - 13:36 WIB
Pemimpin Hong Kong Carrie Lam Sebut Penyebaran Virus Corona di Luar Kendali

Carrie Lam (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Penyebaran virus corona di Hong Kong sudah tak terkendali. Wilayah semi-otonomi itu melaporkan rekor penambahan harian 100 lebih kasus baru pada Minggu (19/7/2020).

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan, pemerintah memberlakukan kembali pembatasan untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas.

Hong Kong sempat dipuji karena keberhasilannya mengendalikan wabah meskipun lokasinya berdekatan dengan pusat wabah, China. Pada Juni, otoritas mulai melonggarkan pembatasan. Namun, 2 pekan terakhir, kasus infeksi melonjak, bahkan kondisinya lebih mengkhawatirkan. Ini karena kasus-kasus baru menyebar tanpa diketahui sumber penularannya.

Menurut Lam, lebih dari 500 kasus baru virus corona terkonfirmasi dalam 2 pekan terakhir. Pada Minggu saja tercatat 108 kasus infeksi baru, rekor penambahan harian tertinggi, sehingga totalnya menjadi 1.886 kasus.

Sementara itu jumlah kasus kematian sejauh ini 12 orang, empat di antaranya meninggal dalam 2 pekan terakhir.

"Saya kira kondisinya benar-benar kritis dan tidak ada tanda bahwa situasi bisa  dikendalikan," kata Lam, dikutip dari AFP, Senin (20/7/2020).

Lam mengumumkan pembatasan baru pekan lalu, termasuk menutup bar, kelab malam, dan gimnasium. Semua warga diharuskan menggunakan masker di tempat umum. Sementara itu restoran hanya boleh melayani take awal pada malam hari.

Lam mengumumkan lebih banyak aturan baru lagi, termasuk mewajibkan penggunaan masker di dalam ruang publik serta perintah bekerja dari rumah bagi pegawai negeri tertentu.

"Kita tidak bisa hanya melakukan langkah sederhana dan ekstrem untuk memotong semuanya sekaligus," kata Lam.

Pihak berwenang Hong Kong juga akan menambah tes virus corona dengan menargetkan kelompok berisiko tinggi, seperti sopir taksi dan pekerja restoran.

Editor : Anton Suhartono