Kebakaran Hutan Dahsyat di California, Pohon Terbesar di Dunia Dilapisi Kertas Aluminium

Anton Suhartono · Minggu, 19 September 2021 - 13:53:00 WIB
Kebakaran Hutan Dahsyat di California, Pohon Terbesar di Dunia Dilapisi Kertas Aluminium
Pohon terbesar di dunia Jenderal Sherman di Taman Nasional Sequoia, California, ditutup dengan kertas aluminium menyusul kebakaran hutan di sekitarnya (Foto: Reuters)

LOS ANGELES, iNews.id - Kebakaran hutan di California, Amerika Serikat, mengancam pohoh-pohon raksasa di Taman Nasional Sequoia, termasuk pohon terbesar di dunia sequoia yang juga diberi nama Jenderal Sherman. Petugas pemadam kebakaran berusaha mengantispasi rusaknya pohon-pohon tersebut yakni melapisinya dengan kertas aluminium.

Kobaran api juga memaksa penutupan Taman Nasional Sequoia sejak awal pekan lalu. Sebagian besar wilayah taman terbakar meninggalkan asap tebal sejak Jumat pagi.

Kebakaran yang diberi nama KNP Complex itu terjadi di dekat kota Three Rivers, pertengahan antara Los Angeles dan San Francisco. Api terus membesar hingga melumat lahan seluas lebih dari 4.450 hektare hingga Jumat.

Juru Bicara National Park Service Mark Garrett mengatakan, lokasi kebakaran itu berjarak hanya 1,6 km dari pohon Jenderal Sherman.

Beberapa pohon raksasa sequoia, sebagian berusia lebih dari 3.000 tahun, hanya tumbuh di dataran tinggi lereng barat pegunungan Sierra Nevada, California. Karena memiliki kulit tebal, pohon ini diperkirakan bisa menahan api. Namun National Park Service tetap mengantisipasi dengan menyelimuti bagian dasarnya menggunakan kertas aluminium.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda