Kebakaran Lahan Landa Los Angeles, Ribuan Orang Dievakuasi

Anton Suhartono · Kamis, 13 Agustus 2020 - 09:35:00 WIB
Kebakaran Lahan Landa Los Angeles, Ribuan Orang Dievakuasi
Asap kebakaran lahan Lake Fire di Los Angeles terlihat dari jarak belasan kilometer (Foto: AFP)

LOS ANGELES, iNews.id - Kebakaran lahan bergerak cepat di utara Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu (12/8/2020), memicu evakuasi ribuan orang yang tinggal di sekitar 500 rumah.

Sejak Selasa (11/8/2020) sore, petugas pemadam kebakaran bekerja keras menjinakkan api yang sudah melalap lahan seluas 4.050 hektare. Tiupan angin yang kuat menyebabkan api mudah menjalar, hanya butuh waktu sekitar 3 jam untuk menghanguskan lahan 4.050 hektare.

Sementara itu kebakaran terbaru yang diberi nama Lake Fire terjadi pada Rabu sekitar pukul 15.30 waktu setempat di dekat Danau Hughes, sekitar 90 menit berkendara dari Los Angeles.

"Beberapa pihak sedang berjuang memadamkan kebakaran lahan di dekat Danau Hughes di Hutan Nasional Angeles," kata Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles County, dalam cuitan, seperti dikutip dari AFP, Kamis (13/8/2020).

Gumpalan asap tebal di lokasi bisa terlihat dari jarak belasan kilometer. Lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran, didukung oleh helikopter dan pesawat, dikerahkan untuk memadamkan api. Namun tak mudah untuk menjinakkan api kebakaran lahan.

"Deputi #LASD (Departemen Sheriff Los Angeles) saat ini sedang mengevakuasi warga di daerah itu," kata departemen pemadam kebakaran.

Kebakaran hutan lebih sering terjadi di sebagian wilayah California dalam beberapa tahun terakhir, umumnya dipicu perubahan iklim.

Kebakaran paling mematikan dalam sejarah negara bagian itu, Camp Fire, terjadi di California utara pada November 2018 menewaskan 86 orang.

Editor : Anton Suhartono