Kebakaran Semak di Australia: 2 Orang Tewas dan 100 Rumah Hancur

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 09 November 2019 - 10:11 WIB
Kebakaran Semak di Australia: 2 Orang Tewas dan 100 Rumah Hancur

Kebakaran semak di Australia. (FOTO: Kelly-ann Oosterbeek/AFP)

SYDNEY, iNews.id - Setidaknya dua orang tewas dan 100 rumah hancur akibat kebakaran semak yang belum pernah terjadi sebelumnya terjadi di timue Australia, Sabtu (9/11/2019).

Perdana Menteri New South Wales, Gladys Berejiklian, mengatakan tujuh orang tidak diketahui keberadaannya. Dia menyebut para petugas pemadam kebakaran berusaha menahan puluhan api tak terkendali yang menjalar di negara bagian itu sejak Jumat.

"Saya minta maaf karena mengatakan bahwa jumlah itu dapat meningkat pada siang hari," katanya tentang jumlah korban tewas, seperti dilaporkan AFP.

Dia mengatakan, pekiraan cuaca pekan depan dikhawatirkan lebih buruk dari saat ini.

Layanan darurat menemukan sisa-sisa satu jasad warga di dalam mobil dan seorang perempuan lain meninggal meskipun petugas medis berjuang selama beberapa jam untuk menyelamatkannya.

"Pada tahap ini, tampaknya setidaknya 100 rumah telah hancur dalam kebakaran semak kemarin," kata petugas pemadam kebakaran, pada Sabtu pagi.

Lebih dari 30 orang terluka, kebanyakan dari mereka adalah petugas pemadam kebakaran.

Hampir 100 nyala api melanda pedesaan New South Wales dan Queensland - meskipun hanya lima di antaranya yang sangat berbahaya.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan sejumlah besar kebakaran itu sangat memprihatinkan. Dia mendesak warga tetap aman dan mendengarkan instruksi layanan darurat.

"Saya mendapat informasi rutin dan kami siap menawarkan bantuan apa pun yang diperlukan," cuitnya.

Kebakaran semak sering terjadi di Australia dan banyak petugas pemadam kebakaran menangani api selama berbulan-bulan menjelang musim panas belahan bumi selatan.


Editor : Nathania Riris Michico