Kecewa Berat, Zelensky Bakal Pecat Bos Intelijen Ukraina yang Juga Sahabat sejak Kecil

Anton Suhartono ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:07:00 WIB
Kecewa Berat, Zelensky Bakal Pecat Bos Intelijen Ukraina yang Juga Sahabat sejak Kecil
Volodymyr Zelensky dilaporkan akan memecat bos badan intelijen Ukraina karena kecewa (Foto: Layanan Pers Kepresidenan Ukraina via Reuters)

KIEV, iNews.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dilaporkan akan memecat kepala intelijen negara itu yang juga sahabat dekatnya sejak kecil, Ivan Bakanov. Alasannya, Zelensky sangat kecewa dengan kinerja Bakanov dalam memimpin Dinas Keamanan Ukraina (SBU) sejak invasi Rusia pada 24 Februari. 

Surat kabar Politico, mengutip empat sumber pejabat Ukraina, melaporkan Zelensky marah dengan ketidakprofesionalan Bakanov. Dia menyalahkan Bakanov karena membiarkan serangkaian insiden serta desersi massal di badan intelijen itu sejak invasi Rusia.

Bakanov merupakan sahabat Zelensky sejak lama. Mereka sudah kenal sejak sekolah. Saat Zelensky berkecimpung sebagai komedian, Bakanov menjadi manajernya.

Menurut laporan Politico, Zelensky sedang mencari pengganti Bakanov yang lebih cocok untuk memimpin SBU, terutama di masa perang.

Bukan hanya Zelensky, otoritas Ukraina lain dilaporkan kecewa dan sangat tidak puas dengan kinerja Bakanov dalam memimpin badan intelijen.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda