Kekeringan Parah, Puluhan Kuda Liar Mati di Taman Nasional Australia

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 08:21:00 WIB
Kekeringan Parah, Puluhan Kuda Liar Mati di Taman Nasional Australia
Foto kuda liar yang mati di Taman Nasional New South Wales. (Supplied: Richard Swain)

SYDNEY, iNews.id - Pemeriksaan dokter hewan independen dari Badan Lingkungan dan Warisan Australia mengonfirmasi sejumlah kuda liar di wilayah Taman Nasional Kosciuszko, New South Wales (NSW) mati karena kelaparan.

Foto-foto hewan yang mati diambil di Sungai Snowy, di perbatasan Negara bagian New South Wales-Victoria pada awal bulan ini. Foto-foto itu memunculkan masalah kesejahteraan dan menghidupkan kembali perdebatan tentang manajemen kuda liar di taman nasional.

Richard Swain, pemandu yang menjalankan wisata sungai di bagian terpencil Byadbo Wilderness, mengatakan para tamunya terkejut ketika menemukan pemandangan mengerikan tersebut.

Swain, yang juga anggota Dewan Spesies Invasif, mengatakan kuda-kuda itu jelas kelaparan sebagai akibat dari kekeringan.

"Kami melihat kuda-kuda mati di tengah sungai. Mereka ada di bantaran sungai, mereka terbaring di tepi sungai. Dan saya tahu setelah musim dingin ini kami akan melihat kuda-kuda mati karena ada terlalu banyak dan wilayahnya tak mendukung di sana," kata Swain.

Foto kuda liar yang mati. (Foto: Australian Geographic)

Seorang juru bicara Badan Lingkungan dan Warisan Australia mengatakan kuda-kuda itu mati karena kelaparan.

Konfirmasi datang setelah penyelidikan oleh Taman Nasional dan Layanan Satwa Liar.

"Pemeriksaan dokter hewan independen mengonfirmasi kuda-kuda itu mati karena kelaparan akibat kekeringan dan tidak ada bukti gangguan manusia," kata juru bicara itu.

"Saat ini daerah ini sangat kering dan semua hewan di daerah tersebut mengalami stres karena kekurangan air dan makanan."

Kuda liar yang mati di sepanjang Snowy River di Taman Nasional Kosciuszko. (Supplied: Richard Swain)

Kendati demikian, mantan anggota Parlemen dari wilayah Monaro sekaligus operator trek kuda di wilayah Snowy Mountains, Peter Cochran, meremehkan fakta adanya kekeringan di Taman Nasional Kosciuszko.

"Jika Anda pergi ke taman, Anda akan melihat ada banyak makanan di sebagian besar taman," katanya.

"Ada beberapa area yang kering dan di mana ada lebih sedikit hujan, tapi sekali lagi itu bagian dari alam."


Editor : Nathania Riris Michico