Kekuatan Eropa Desak Israel Setop Bangun Permukiman di Tepi Barat Palestina

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 07 Mei 2021 - 09:38:00 WIB
Kekuatan Eropa Desak Israel Setop Bangun Permukiman di Tepi Barat Palestina
Permukiman Yahudi di Tepi Barat yang dibangun Israel. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id – Lima kekuatan Eropa yakni Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris mendesak Israel untuk menghentikan pembangunan permukiman di Tepi Barat, Palestina, yang diduduki.

Pernyataan bersama itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan di Yerusalem Timur, menjelang sidang yang digelar Pengadilan Israel terkait pendirian hunian kaum Yahudi di kawasan Sheikh Jarrah. Persidangan itu dapat menyebabkan terusirnya warga Palestina dari wilayah tersebut.

“Kami mendesak Pemerintah Israel untuk membatalkan keputusannya untuk memajukan pembangunan 540 unit permukiman di daerah Har Homa E di Tepi Barat yang diduduki, dan untuk menghentikan kebijakan perluasan permukiman di seluruh Wilayah Pendudukan Palestina,” ungkap negara-negara Eropa itu dalam pernyataan yang dikutip Reuters, Jumat (7/5/2021).

“Jika diterapkan, keputusan untuk memajukan permukiman di Har Homa, antara Yerusalem Timur dan Betlehem, akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada masa depan Negara Palestina yang layak,” kata mereka.

Kota Yerusalem, yang berisi situs-situs suci bagi Agama Yahudi, Islam, dan Kristen, berada di pusat konflik Israel-Palestina. Israel merebut Yerusalem Timur, Tepi Barat, dan Jalur Gaza dalam perang pada 1967. 

Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara mereka di masa depan. Cita-cita Palestina itu mendapat dukungan dari sebagian besar negara. Mereka menganggap pemukiman yang dibangun Israel di sana adalah ilegal.

Namun Israel mengklaim semua Yerusalem sebagai ibu kotanya, sambil mengutip Alkitab dan sejarah ke kota itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2