Kereta Api yang Biasa Digunakan Kim Jong Un Terlihat di Kota Resor Pantai

Anton Suhartono ยท Minggu, 26 April 2020 - 10:44 WIB
Kereta Api yang Biasa Digunakan Kim Jong Un Terlihat di Kota Resor Pantai

Gambar satelit menunjukkan kereta Kim Jong Un berada di stasiun kota resor Wonsan (Foto: 38North)

WASHINGTON, iNews.id - Kereta api yang diduga kendaraan dinas pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un terlihat di sebuah stasiun kota resor pantai Wonsan.

Kondisi Kim Jong Un menjadi sorotan setelah dia tak tampak dalam peringatan ulang tahun pendiri negeri yang juga kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April lalu. Spekulasi yang beredar Kim menjalani operasi jantung dan kondisinya memburuk.

Dalam gambar satelit yang dirilis think thank 38North dalam web site-nya terungkap, kereta terlihat pada 21 dan 23 April.

Gambar satelit itu tak bisa menunjukkan keberadaan Kim, meskipun ada keyakinan yang tinggi dia berada di kota tersebut.

“(Kereta api) Tidak bisa membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara atau mengindikasikan apa pun tentang kesehatannya. Tapi ini memberikan penekanan pada laporan bahwa Kim tinggal di daerah elite di pantai timur negara itu,” bunyi keterangan 38North, seperti dilaporkan kembali AFP, Minggu (26/4/2020).

Kim belum muncul ke publik sejak memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh pada 11 April dan mengecek latihan perang melibatkan jet tempur di unit pertahanan udara, sebagaimana dilaporkan media pemerintah pada 12 April.

Media yang berbasis di Korea Selatan dan sebagian besar dijalankan oleh para pembelot Korut melaporkan, Kim menjalani operasi jantung pada awal April dan dalam pemulihan di sebuah villa Provinsi Pyongan Utara.

Mengutip sumber di Korut, Kim membutuhkan perawatan mendesak akibat dampak dari kebiasaan merokok, kelebihan berat badan, dan kelelahan.

Editor : Anton Suhartono