Kim Jong Un Akan Perkuat Militer Korut untuk Cegah Perang Nuklir

Anton Suhartono · Rabu, 13 Januari 2021 - 06:47:00 WIB
Kim Jong Un Akan Perkuat Militer Korut untuk Cegah Perang Nuklir
Kim Jong Un (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyerukan peningkatan kekuatan militer secara maksimal, seperti dilaporkan kantor berita pemerintah, KCNA.

Saat penutupan Kongres Partai Pekerja Ke-8, Kim menegaskan, dengan membangun kemampuan militer yang kuat, negaranya akan bisa mencegah perang nuklir lebih besar.

"Kita harus melakukan segala upaya untuk mencegah perang nuklir lebih jauh karena kita membangun kemampuan militer terkuat," kata Kim, seperti dilaporkan kembali Reuters, Rabu (13/1/2021).

Ini merupakan penegasan pernyataannya pekan lalu bahwa Kim akan memperluas kemampuan militer serta memosisikan pertahanan pada tingkat jauh lebih tinggi demi mempertahankan negara.

Sejak mengumumkan moratorium uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) pada 2018, Kim menyerukan kelanjutan produksi senjata nuklir. Korut sudah menguji coba beberapa rudal berukuran lebih kecil serta rudal ICBM terbesar.

Selain membahas militer, Kongres Partai Pekerja yang berlangsung di Pyongyang juga menentukan kebijakan politik dan ekonomi Korut untuk 5 tahun ke depan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2