Kemlu Pastikan 6 WNI di Tonga Selamat dari Tsunami Gunung Api

Dominique Hilvy Febriani ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 16:32:00 WIB
Kemlu Pastikan 6 WNI di Tonga Selamat dari Tsunami Gunung Api
Kemlu memastikan enam WNI di Tonga selamat dari tsunami akibat erupsi Gunung Api Hunga Tonga. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan enam warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Tonga selamat dari tsunami akibat erupsi Gunung Api Hunga Tonga. KBRI Wellington di Selandia Baru pun sudah melakukan komunikasi dengan keenam WNI tersebut.

Informasi tersebut disampaikan oleh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Judha Nugraha.

“Alhamdulillah kabar berita baik, WNI di Tonga sudah dapat kami hubungi dan sudah bisa dipastikan dalam kondisi selamat. Kontak dilakukan atas kerja sama KBRI Wellington dengan High Commission New Zealand di Tonga, dan sudah dilakukan komunikasi dengan WNI dan kondisi mereka selamat," kata Judha dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Judha menjelaskan, dari enam WNI yang ada di Tonga, sebanyak tiga di antaranya berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK) dan satu orang merupakan penghubung atau mitra kerja KBRI Wellington, Thomas Egbert. Sementara, dua orang lainnya masih ditelusuri profesinya.

Sementara itu, terkait distribusi bantuan ke Tonga, Kemlu menyebut masih berkoordinasi terus dengan pihak terkait. Kemlu menyatakan sejauh ini Indonesia telah memberikan opsi bantuan untuk negara tersebut. 

“Kita sejauh ini masih butuh informasi. Saat ini sedang dibahas apa kita bantu secara kebencanaan atau rekonstruksi,” ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda