Koalisi Arab Saudi Lancarkan Serangan Udara ke Ibu Kota Yaman yang Dikuasai Pemberontak

Umaya Khusniah ยท Selasa, 30 November 2021 - 08:30:00 WIB
Koalisi Arab Saudi Lancarkan Serangan Udara ke Ibu Kota Yaman yang Dikuasai Pemberontak
Koalisi Arab Saudi lancarkan serangan ke Yaman, warga sipil diminta menjauhi target. (Foto: Reuters)

KAIRO, iNews.id - Koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan udara terhadap target militer pemberontak Houthi di ibu kota Yaman, Sanaa. Warga sipil diminta tidak berkumpul atau mendekati target-target potensial tersebut. 

Dikutip dari Al Masirah TV yang dijalankan pemberontak Houthi, ada tiga serangan udara yang dilancarkan koalisi Saudi. Semua menghantam Bandara Sanaa. 

Sementara serangan udara ke empat menargetkan sebuah taman. Serangan-serangan tersebut dilakukan selama bulan November di ibu kota Sanaa. 

Pemberontak Houthi telah berulang kali meluncurkan serangan lintas batas ke Saudi menggunakan drone dan rudal. Hal itu mereka lakukan sejak koalisi melakukan intervensi di Yaman pada Maret 2015. Saat itu, kelompok Houthi menggulingkan pemerintah yang didukung Saudi. 

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014. Saat itu pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sanaa.

Koalisi yang dipimpin Saudi yang bertujuan untuk mengembalikan pemerintah Yaman justru telah memperburuk situasi. Peperangan menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. 

Perkiraan PBB, sebanyak 233.000 orang tewas, hampir 80 persen atau sekitar 30 juta membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan dan lebih dari 13 juta dalam bahaya kelaparan.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: