Serangan Pasukan Koalisi Arab Tewaskan 125 Milisi Houthi dalam 24 Jam

Umaya Khusniah ยท Jumat, 12 November 2021 - 14:49:00 WIB
Serangan Pasukan Koalisi Arab Tewaskan 125 Milisi Houthi dalam 24 Jam
gerilyawan Houthi di Yaman. (Foto: Reuters)

SANAA, iNews.id - Koalisi pimpinan Arab Saudi mengklaim telah membantai 125 gerilyawan Houthi di Yaman dalam operasi militer 24 jam terakhir. Selain itu, operasi juga berhasil menghancurkan 14 kendaraan militer. 

“Kami melakukan 22 operasi penargetan kendaraan dan gerilyawan milisi Houthi di Provinsi Marib dan al-Bayda (Yaman tengah) selama 24 jam terakhir,” kantor berita resmi Kerajaan SPA yang mengutip pernyataan koalisi.

Sementara itu, kantor berita Saba yang dikelola Houthi mengutip sumber keamanan yang tidak disebutkan namanya mengatakan, pesawat tempur koalisi melakukan 16 serangan udara di distrik Al-Jubah dan Sarwah di Marib pada Kamis (11/11/2021).

Sayang, pernyataan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait ada tidaknya kerusakan properti atau korban jiwa.

Sejak Februari, pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran telah meningkatkan serangan untuk menguasai Provinsi Marib. Provinsi ini kaya minyak dan menjadi salah satu benteng paling penting dari pemerintah Yaman yang sah serta rumah bagi markas besar Kementerian Pertahanan.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014. Saat itu pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sanaa.

Koalisi yang dipimpin Saudi yang bertujuan untuk mengembalikan pemerintah Yaman justru telah memperburuk situasi. Peperangan menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. 

Perkiraan PBB, sebanyak 233.000 orang tewas, hampir 80 persen atau sekitar 30 juta membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan dan lebih dari 13 juta dalam bahaya kelaparan.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda