Komisaris Polisi Diperkarakan gara-gara Gambar Hitler dan Kebencian terhadap Muslim

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 26 Februari 2021 - 16:25:00 WIB
Komisaris Polisi Diperkarakan gara-gara Gambar Hitler dan Kebencian terhadap Muslim
Lukisan pemimpin Nazi, Adolf Hitler. (Foto: AFP)

BERLIN, iNews.id – Jaksa di Jerman pada Kamis (25/2/2021) waktu setempat menyatakan telah mengajukan dakwaan terhadap seorang komisaris polisi yang diduga membagikan foto Adolf Hitler di WhatsApp. Tersangka didakwa dengan pasal hasutan dan ujaran kebencian. 

Polisi itu juga diduga menyebarkan gambar yang menunjukkan permusuhan terhadap kaum Muslim. Dia juga kedapatan memiliki senjata dan bahan peledak ilegal.

Tersangka berusia 46 tahun, yang bertugas di Markas Kepolisian Kota Wiesbaden, itu berbagi foto Hitler sedang melakukan penghormatan ala Nazi di aplikasi perpesanan WhatsApp. Selain dia, ada 30 orang lainnya yang juga ikut menyebarkan gambar itu, termasuk sejumlah polisi.

“Tersangka berbagi foto yang menunjukkan Adolf Hitler berseragam dengan pita lengan bertuliskan swastika dan melakukan apa yang disebut sebagai ‘penghormatan Hitler’ (salam Nazi) dengan tangan kanan terulur,” kata Jaksa Penuntut Umum Senior Frankfurt, Nadja Niesen, dikutip dari Retuers, Jumat (26/2/2021).

“(Dari tersangka) ditemukan juga gambar yang menunjukkan permusuhan terhadap orang-orang berkulit gelap dan kaum Muslim,” tuturnya.

Niesen mengatakan, tersangka membagikan gambar tersebut pada akhir 2018. Petugas berwenang juga menemukan senjata api, senjata berat, dan bahan peledak selama penggeledahan di kediamannya, setahun kemudian. 

Namun, Niesen tidak menjelaskan mengapa dakwaan terhadap tersangka baru diajukan sekarang.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2