Konflik Keluarga, Adik PM Singapura Bakal Dukung Partai Oposisi di Pemilu

Anton Suhartono ยท Senin, 29 Juli 2019 - 10:56 WIB
Konflik Keluarga, Adik PM Singapura Bakal Dukung Partai Oposisi di Pemilu

Lee Hsieng Yang (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Pemilihan umum Singapura mendatang tampaknya akan berlangsung seru. Pasalnya, adik Perdana Menteri Lee Hsein Loong, Lee Hsien Yang, menyatakan dukungannya kepada partai oposisi.

Pemilu Singapura akan digelar paling cepat dalam beberapa bulan dan paling lambat pada awal 2021.

Dalam pernyataan di akun Facebook, Hsien Yang mengatakan partai berkuasa People's Action Party (PAP) yang dipimpin sang kakak dan didirikan ayahnya Lee Kuan Yeaw telah kehilangan arah.

"Saya dengan sepenuh hati mendukung prinsip dan nilai-nilai dari Progress Singapore Party (PSP/oposisi). PAP hari ini bukan lagi PAP dari ayah saya, sudah kehilangan arah," kata Hsien Yang, dikutip dari Reuters, Senin (29/7/2019).

Komentarnya itu disampaikan di tengah perseteruan sengit dirinya dengan Lee mengenai apa yang harus dilakukan dengan rumah mendiang ayah mereka.

PAP merupakan partai penguasa yang telah memegang kendali pemerintahan Singapura sejak negara itu merdeka setengah abad silam. Partai ini tidak pernah mendapatkan suara di bawah 60 persen dalam pemilu. Sejauh ini PAP belum memberikan komentar terkait sikap politik Hsien Yang.

Sementara itu PSP merupakan partai yang baru dibentuk dan dipimpin oleh Tan Cheng Bock, mantan anggota parlemen PAP.

Meski demikian, hingga kini belum jelas apakah Hsien Yang berencana terjun ke dunia politik. Saat acara peluncuran PSP pada Jumat pekan lalu, Tan mengatakan Hsien Yang dipersilakan untuk bergabung dengan partainya tapi dengan syarat tidak menjadikan partainya dalam konflik pribadi.

Editor : Anton Suhartono