Konflik Makin Panas, Kubu Penentang Kudeta Militer Myanmar Bentuk Pasukan Pertahanan

Anton Suhartono ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 16:00:00 WIB
Konflik Makin Panas, Kubu Penentang Kudeta Militer Myanmar Bentuk Pasukan Pertahanan
Pemerintah Persatuan Nasional, kelompok penentang kudeta, membentuk pasukan pertahanan rakyat untuk melindungi para pendukungnya dari serangan junta militer (Foto: Reuters)

YANGON, iNews.id - Pemerintah Persatuan Nasional Myanmar yang dibentuk kelompok penentang kudeta mengumumkan pembentukan pasukan pertahanan rakyat. Tujuannya untuk melindungi para pendukung dari serangan dan kekerasan oleh junta militer.

Dalam pernyataan yang dikutip dari Reuters, Rabu (5/5/2021), Pemerintah Persatuan Nasional mengungkap pasukan baru itu merupakan pendahulu dari Tentara Persatuan Federal yang bertanggung jawab mewujudkan reformasi efektif di sektor keamanan untuk mengakhiri perang saudara yang telah berlangsung selama 70 tahun.

Selain itu, lanjut pernyataan, pasukan memiliki tanggung jawab menangani serangan militer dan kekerasan dari pemerintahan junta terhadap rakyat.

Tidak ada penjelasan bagaimana pasukan keamanan ini akan diorganisasi atau bahkan dipersenjatai. Juru bicara Pemerintah Persatuan Nasional enggan memberikan komentar.

Pemerintah Persatuan nasional dibentuk bulan lalu, beranggotakan para anggota parlemen dan pemerintahan Aung San Suu Kyi yang digulingkan, aktivis, serta kelompok etnis yang sedang memperjuangkan otonomi dan kemerdekaan.

Sejauh ini belum ada komentar dari pemerintahan junta mengenai pembentukan pasukan pertahanan rakyat.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2