Korea Utara Sebut Debu Musiman dari China Bawa Virus Corona

Arif Budiwinarto ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:54 WIB
Korea Utara Sebut Debu Musiman dari China Bawa Virus Corona

Petugas mengenakan APD menyemprotkan disinfektan di dalam bus di kota Pyongyang, Korea Utara pada 22 Februari 2020. (foto: Reuters)

PYONGYANG, iNews.id - Pemerintah Korea Utara menyebut debu musiman yang bertiup dari China ke negara itu membawa virus corona. Pemerintah meminta warganya tetap di rumah guna menghindari infeksi.

"Karena virus corona baru terus menyebar ke seluruh dunia, kebutuhan untuk mengantisipasi debu kuning (dari China) dan mengambil tindakan menyeluruh menjadi lebih penting," kata surat kabar partai resmi Korea Utara, Rodong Sinmun, Kamis (23/10/2020).

Klaim Korut bahwa virus corona dapat menyebar ke Korea Utara dari Gurun Gobi sejauh 1.900 km (1.200 mil) nampaknya sangat berlebihan. Pasalnya, dua meter yang merupakan jarak virus itu bisa bertahan.

Meskipun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan droplet yang mengandung virus terkadang dapat bertahan di udara selama berjam-jam.

Pemerintah Korea Utara telah mengeluarkan peringatan kepada warganya untuk menghindari aktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Mereka juga diminta menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan mandi setelah pulang ke rumah.

"Orang-orang harus memperhatikan kebersihan pribadi setelah kembali dari luar (ruangan)," bunyi pengumuman seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (24/10/2020).

"Selain itu, pekerja harus menghindari pekerjaan konstruksi luar ruangan bahkan di lokasi rekonstruksi," lanjut isi pengumuman.

Diplomat dan staf kedutaan dilarang pulang ke negaranya

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua