Korsel Sebut Korut Ingin Cari Perhatian dengan Menguji Coba Rudal

Anton Suhartono ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 15:16 WIB
Korsel Sebut Korut Ingin Cari Perhatian dengan Menguji Coba Rudal

Kim Jong Un memantau uji coba rudal bersama seorang perwira (Foto: AFP via KCNA)

SEOUL, iNews.id - Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) menyebut uji coba tiga rudal jarak pendek yang dilakukan Korea Utara (Korut) merupakan upaya untuk mencari perhatian dunia.

Pemimpin Korut Kim Jong Un memantau langsung uji coba persenjataan yang disebut Jepang dengan rudal balistik jarak pendek tersebut.

Ini merupakan uji coba rudal kedua yang dilakukan Korut dalam 2 pekan terakhir, saat dunia tengah gelisah dengan perkembangan wabah virus korona.

"Ini untuk memperkuat solidaritas di dalam negeri dan (tujuan) ke luar untuk menarik perhatian Amerika Serikat dan Korea Selatan agar mengubah sikap mereka," bunyi pernyataan kementerian, dikutip dari AFP, Selasa (10/3/2020).

Sebelumnya kantor berita KCNA melaporkan, Kim memimpin langsung uji coba serangan artileri jarak jauh.

Mengenakan topi bergaya Rusia serta jaket militer khaki, Kim menyaksikan dari parit. Di sebelahnya ada seorang perwira mengenakan masker hitam.

Analis yakin uji coba ini bukan sekadar upaya Korut mencari perhatian, namun juga usaha untuk memperbaiki kemampuan persenjataan.

Foto yang dirilis surat kabar Rodong Sinmun menunjukkan beberapa roket melesat dari peluncur menuju target yang tampaknya sebuah pulau.

Foto-foto lain menunjukkan proyektil dengan kaliber lebih kecil serta artileri.

Uji coba rudal yang dipimpin Kim dalam 2 minggu terakhir merupakan aktivitas militer pertamanya di tahun ini.

Editor : Anton Suhartono