Korut Tuduh AS Ingin Bentuk Aliansi Militer seperti NATO di Asia, Singgung Latihan Perang

Anton Suhartono · Senin, 27 Juni 2022 - 13:32:00 WIB
Korut Tuduh AS Ingin Bentuk Aliansi Militer seperti NATO di Asia, Singgung Latihan Perang
Korea Utara menuduh AS ingin membuat aliansi militer seperti NATO di Asia (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) menuduh Amerika Serikat (AS) ingin membentuk aliansi militer seperti NATO di Asia. Sikap permusuhan AS itu memaksa Korut meningkatkan kemampuan pertahanannya.

"Saat secara terang-terangan menggelar latihan militer bersama Jepang dan Korea Selatan, AS membuat langkah penuh untuk membentuk NATO bergaya Asia," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Korut, dikutip dari Reuters, Senin (27/6/2022).

Pernyataan itu merujuk pada latihan militer yang dilakukan pasukan AS, Korea Selatan (Korsel), dan Jepang, baru-baru ini. Terpisah, AS juga mengadakan latihan dengan pasukan Korsel melibatkan kapal induk untuk pertama kalinya dalam lebih dari 4 tahun.

"Ini membuktikan kemunafikan retorika AS tentang 'keterlibatan diplomatik' dan 'dialog tanpa prasyarat', sementara di saat yang sama kembali menegaskan tidak ada perubahan dalam ambisi AS untuk menggulingkan sistem kami secara paksa," kata kemlu.

Lebih lanjut Kemlu Korut menegaskan, permusuhan yang semakin besar ditunjukkan AS dan sekutunya memaksa pemerintahannya untuk meningkatkan pertahanan. Namun Korut tak menyinggung soal rudal dan senjata nuklir.

"Kenyataannya, membuat kami merasa perlu melakukan upaya habis-habisan untuk meningkatkan kekuatan yang lebih kuat guna menundukkan segala macam tindakan permusuhan oleh AS," bunyi pernyataan.

Pernyataan ini disampaikan Korut sehari sebelum keberangkatan Presiden Korsel untuk menghadiri KTT NATO di Spanyol. Ini merupakan kali pertama NATO mengikuti pertemuan aliansi pertahanan terdiri atas negara-negara Eropa serta AS itu.

Pemerintah Jepang sebelumnya juga mengungkapkan akan mengikuti pertemuan NATO.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda