Korut Umumkan Kasus Suspect Corona, Kim Jong Un Berlakukan Kondisi Darurat

Anton Suhartono ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 06:27:00 WIB
Korut Umumkan Kasus Suspect Corona, Kim Jong Un Berlakukan Kondisi Darurat
Kim Jong Un mengumumkan kondisi darurat setelah muncul satu kasus suspect virus corona (Foto: KCNA via AFP)

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un langsung menggelar pertemuan politbiro darurat setelah seorang warga dinyatakan suspect Covid-19.

Orang tersebut merupakan pembelot yang menyeberang ke Korea Selatan (Korsel) 3 tahun lalu, dan kembali melintasi perbatasan atau garis demarkasi secara ilegal pada 19 Juli lalu.

Dalam rapat tersebut, Kim mengumumkan kondisi darurat dan memberlakukan lockdown di kota perbatasan dengan Korsel, Kaesong.

"Situasi kritis di mana virus ganas bisa dikatakan telah memasuki negara," kata Kim, seperti dikutip kantor berita KCNA, Minggu (26/7/2020).

Kim juga memerintahkan penyelidikan terhadap unit-unit militer di sepanjang perbatasan, pasalnya pembelot itu dicurigai menyeberang untuk menghindari hukuman berat.

Dalam beberapa pekan terakhir, Korut mengintensifkan kampanye untuk mengkritik warganya yang membelot ke Korsel serta menyebut mereka sebagai "sampah". Pemerintahan Kim Jong Un juga mendesak Korsel untuk menindak kelompok yang mengirim pesan propaganda serta bantuan makanan.

Jika terkonfirmasi, ini akan menjadi kasus virus corona pertama di Korut yang diakui resmi oleh pemerintah. Negara itu belum mengonfirmasi satu kasus pun meskipun dunia telah diporak-porandakan dengan pandemi virus mematikan ini.

KCNA tak menyebutkan apakah orang tersebut sudah menjalani tes atau belum, namun menyatakan yang bersangkutan menjalani pemeriksaan saluran pernapasan. Hasil pemeriksaan mendorong otoritas terkait untuk mengarantina orang yang tak disebutkan identitasnya itu disertai dengan penelurusan dengan siapa saja dia menjalin kontak.

Editor : Anton Suhartono