Kota New York Akan Dibuka Sepenuhnya pada 1 Juli Setelah Setahun Lebih Pandemi

Anton Suhartono ยท Kamis, 29 April 2021 - 21:53:00 WIB
Kota New York Akan Dibuka Sepenuhnya pada 1 Juli Setelah Setahun Lebih Pandemi
Bill de Blasio (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Kota New York, Amerika Serikat, akan dibuka kembali sepenuhnya pada 1 Juli mendatang setelah setahun lebih menerapkan pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Wali Kota Bill de Blasio mengatakan keputusan ini diambil setelah pemerintahannya memvaksin sebagian besar dari total penduduk.

"Kami siap untuk membuka toko untuk bisnis, membuka kantor, bisokop, sepenuhnya," kata de Blasio, dalam wawancara dengan MSNBC, seperti dilaporkan kembali Reuters, Kamis (29/4/2021).

Dia mengungkapkan rasa optimismenya mengenai rencana pembukaan sepenuhnya kota berdasarkan keberhasilan program vaksinasi Covid-19. Sejauh ini pemerintah telah menyuntikkan 6,3 juta dosis vaksin virus corona ke kota berpenduduk sekitar 8,3 juta jiwa itu.

“Apa yang kami lihat adalah warga melakukan vaksinasi dalam jumlah yang luar biasa. Kami tahu upaya vaksinasi ini akan terus tumbuh. Kami harus terus bekerja keras untuk itu," katanya.

Belum jelas apakah rencana De Blasio sudah mendapatkan restu dari Gubernur New York, padahal negara bagian masih memberlakukan pembatasan dengan menutup operasional restoran serta bisnis lain.

De Blasio juga tak menjelaskan secara rinci mengenai apakah akan ada persyaratan tertentu bagi orang yang menghadiri pertunjukan atau makan di restoran seperti memberikan bukti vaksin. Namun sebelumnya Presiden Joe Biden mengatakan, warga yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin dibolehkan tak menggunakan masker di tempat umum.

Editor : Anton Suhartono