Kudeta Presiden Burkina Faso, Tentara Bubarkan Pemerintah dan Tutup Perbatasan

Anton Suhartono · Selasa, 25 Januari 2022 - 07:48:00 WIB
Kudeta Presiden Burkina Faso, Tentara Bubarkan Pemerintah dan Tutup Perbatasan
Kapten Sidsore Kader Ouedraogo (tengah) membacakan pernyataan kudeta Presiden Roch Kabore melalui siaran televisi (Foto: Reuters)

OUAGADOUGOU, iNews.id - Tentara Burkina Faso mengudeta dan menahan Presiden Roch Kabore sejak Senin (24/1/2022). Mereka juga menangguhkan konstitusi, membubarkan pemerintah dan majelis nasional, serta menutup perbatasan negara.

Melalui siaran televisi, Senin (24/1/2022), seorang petinggi militer Kapten Sidsore Kader Ouedraogo membacakan pernyataan yang ditandatangani Letnan Kolonel Paul Henri Sandaogo Damiba selaku pemimpin kudeta. Isinya menyebutkan, pengambilalihan kekuasaan dilakukan tanpa kekerasan dan semua pejabat yang ditahan berada di lokasi aman.

Pernyataan itu dibuat atas nama organisasi yang sebelumnya tidak pernah terdengar, yakni Gerakan Patriotik untuk Perlindungan dan Pemulihan (MPSR).

"MPSR, mencakup semua elemen militer, memutuskan untuk mengakhiri jabatan Presiden Kabore hari ini," kata Ouedraogo, seperti dilaporkan kembali Reuters, Selasa (25/1/2022).

MPSR masih mempertimbangkan waktu yang tepat untuk memulihkan konstitusi. Disebutkan pemulihan akan dilakukan dalam jangka waktu yang wajar setelah berkonsultasi dengan berbagai elemen bangsa.

Ratusan warga berkumpul di Place de la Nation di pusat Kota Ouagadougou untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap kudeta.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda